UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA “HAJAT KABAGJAAN”
MELALUI ACARA GEBYAR PENDIDIKAN FKIP 2017

Ing ngarso sung tuladha ing madya mangun karsa tut wuri handayani” adalah pesan Ki Hajar Dewantara yang tak lekang oleh zaman. Beliau berharap bahwa seorang pendidik diharapkan ketika di depan dapat memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi daya kekuatan. Nilai ini yang disampaikan dan disemangatkan FKIP UNTIRTA kepada para pendidik dan calon-calon pendidik dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei. Acara memperingati hari pendidikan dimulai dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA pada tanggal 2-6 Mei 2017. Pada perayaan tahun ini FKIP UNTIRTA mengusung tema “Pendidikan Sosial, Sains, dan Kejuruan yang Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing”.

Kegiatan Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA merupakan hasil kerja bersama panitia Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA yang diketuai oleh Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si. dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP. Adapun rangkaian kegiatan berupa Seminar Nasional Pendidikan, Bazar Pendidikan, Lomba Karya Mahasiswa Tingkat Nasional, bedah buku, donor darah, Workshop PHBD dan PKM, dan pemilihan duta FKIP. Kegiatan Gebyar Pendidikan dibuka pada tanggal 2 Mei 2017 dengan Bazar Pendidikan yang diresmikan oleh Rektor UNTIRTA Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. dan Dekan FKIP UNTIRTA Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. Kegiatan bazar berlangsung dari tanggal 2-6 Mei 2017 di halaman FKIP UNTIRTA di Kampus Ciwaru, Serang Banten. Adapun produk yang ditawarkan pada kegiatan bazar meliputi produk lokal seperti makanan, pakaian, buku dan persembahan pertunjukan dari mahasiswa dan dosen FKIP UNTIRTA. Pada bazar juga dipamerkan hasil kegiatan perkuliahan dan karya dari 18 jurusan di FKIP UNTIRTA. Melalui dipamerkannya karya-karya kreatif dan inovatif pada bazar pendidikan diharapkan dapat memotivasi dan memupuk jiwa enterpreneur dan kewirausahaan. Dihadirkan juga panggung seni pada acara bazar pendidikan sebagai wadah meningkatkan kreatifitas seni dan budaya Indonesia.


Rektor Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. dan Dekan FKIP Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. Saat Pembukaan Acara


Panitia Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA “yang muda yang berkarya”

Tidak hanya bazar pendidikan, panitia juga mempersiapkan acara untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam berkarya melalui Lomba Karya Mahasiswa (LKM) tingkat nasional. LKM merupakan ajang mengasah keterampilan ilmiah dan kesadaran para mahasiswa tentang pentingnya mengangkat kearifan lokal sebagai identitas bangsa. LKM dalam bentuk Poster, terbagi dalam 3 kategori yaitu vokasi, sains, dan sosial humaniora. LKM terdiri dari dua tahapan seleksi yaitu tahapan seleksi karya dan tahapan presentasi karya. Melalui tahapan seleksi diharapkan mampu menghadirkan karya-karya ilmiah yang kreatif, inovatif, dan berkarakter JAWARA. Dari tahapan seleksi didapatkan 11 calon yang terpilih untuk mengikuti tahapan presentasi karya.

Acara penentuan pemenang LKM dilakukan pada tanggal 4 Mei 2017 dengan juri presentasi yaitu Prof. Dr. Hj. Yeyen Maryani, M.Si., Yus Rama Denny, Ph.D., Drs. Denni Soetrisnaadisendjaja, M.Pd., dan Damanhuri, M.Pd. Dari 3 kategori lomba untuk kategori vokasi juara 1 PTE UNTIRTA, juara 2 PTM UNTIRTA, dan juara 3 Teknik Komputer UNBAJA. Pada kategori sains juara 1 Pendidikan Biologi UNTIRTA, juara 2 Pendidikan Biologi UNTIRTA, juara 3 Pendidikan IPA UNTIRTA, dan juara harapan Pendidikan Matematika UNTIRTA. Pada kategori sosial humaniora juara 1 PAUD UNTIRTA, juara 2 BK FKIP UNTIRTA, Juara 3 Ilmu Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, dan Juara Harapan BK FKIP UNTIRTA.


Prof. Dr. Hj. Yeyen Maryani, M.Si. dan Yus Rama Denny, Ph.D. Saat Penjurian


Drs. Denni Soetrisnaadisendjaja, M.Pd. dan Damanhuri, M.Pd. Saat Penjurian


Dok Pengumuman Juara dan Penyerahan Piala

Di hari yang sama, tanggal 4 Mei 2017 di lantai tiga gedung baru Ciwaru pukul 09.00 WIB sd 15.00 WIB juga diadakan acara bedah buku. Acara bedah buku terdiri dari 2 sesi presentasi. Bedah buku pertama adalah buku karya Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si. dengan judul “Biologi Konservasi”, dan bedah buku kedua adalah buku karya Prof. Dr. Sudadio. M.Pd. yang berjudul “Esensial Manajemen Peningkatan Mutu Terpadu Jasa Pendidikan”.


Bedah Buku Karya Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si.


Bedah Buku Karya Prof. Dr. Sudadio. M.Pd.

Acara puncak Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA adalah seminar nasional pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2017. Seminar nasional pendidikan bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam setiap disiplin ilmu. Seminar nasional pendidikan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dan memiliki kapasitas dalam dunia pendidikan meliputi pendidikan sosial, sains, dan vokasi. Pada sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Hj. Anna Permanasari, M.Si. yang mewakili bidang sains, sesi kedua diisi oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. yang mewakili bidang sosial, dan sesi ketiga diisi oleh Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. yang mewakili bidang vokasi. Setelah penyampaian materi dari ketiga pembicara, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI) wilayah Banten oleh Ketua ADGVI pusat, Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. ADGVI wilayah Banten diketuai oleh Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si. Kegiatan seminar ini juga memfasilitasi artikel-artikel ilmiah dari para dosen, peneliti, guru dan mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia. Artikel-artikel tersebut dipresentasikan dan dipublikasikan dalam prosiding ber-ISBN dan jurnal-jurnal bereputasi di lingkungan FKIP UNTIRTA.


Penyampaian Materi Oleh Prof. Dr. Hj. Anna Permanasari, M.Si.


Penyampaian Materi Oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.


Penyampaian Materi Oleh Prof. Dr. Soesanto, M.Pd.


Pelantikan Kepengurusan ADGVI Wilayah Banten Oleh Prof. Dr. Soesanto, M.Pd.

BEM sebagai badan eksekutif mahasiswa FKIP UNTIRTA juga turut menyemarakkan acara kegiatan Gebyar Pendidikan berupa donor darah pada tanggal 2 Mei 2017. Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan di Kampus Untirta Ciwaru di ruang CR1-09 pada pukul 09.00-13.00 WIB serta dibuka untuk umum. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, yang bisa dibuktikan salah satunya dengan ikut andil dalam mendonorkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan atas kerja sama dengan PMI Kota Cilegon. Pada kegiatan tersebut banyak mahasiswa yang sangat antusias terlibat sebagai pendonor darah.


Kegiatan Donor Darah

Pada tanggal 3 Mei 2017 BEM mengadakan kegiatan Workshop PKM dengan tema “Tuangkan Kreatifitasmu, Raih Prestasi yang Pasti”. Kegiatan ini dilakukan di Kampus Untirta Ciwaru di ruang CA3-09 pada pukul 09.00-16.00 WIB yang dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu sesi seminar tentang materi PKM dan sistematika proposal PKM yang disampaikan oleh Maman Faturrohman, Ph.D (Dosen Pendidikan Matematika) dan Didik Aribowo, S.T., M.T, (dosen Pendidikan Teknik Elektro). Di sesi awal ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk langsung mempraktekkan bagaimana mengaplikasikan pembuatan gagasan karya. Pada sesi kedua berupa pemaparan gagasan setiap kelompok dan bimbingan pembuatan karya tulis ilmiah pada tahap awal. Harapan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan antusiasme mahasiswa untuk mau membuat proposal PKM dan mengirimkan proposal tersebut kepada penyelenggara yakni Kemenristek Dikti.

Acara puncak yang dilakukan BEM pada tanggal 5 Mei 2017 adalah pemilihan duta FKIP UNTIRTA. Kegiatan ini di lakukan dari pukul 09.00-19.00 WIB, adapun dalam acara ini terbagi atas beberapa sesi yakni sesi tanya-jawab, pemaparan essay, dan penampilan minat bakat. Setiap sesinya diisi oleh para peserta dari 18 jurusan FKIP dengan mengagumkan. Sempat terhalang hujan namun, tidak membuat peserta patah arang dan acara tetap berjalan dengan semestinya. Dalam acara ini langsung dihadiri oleh Dodi Firmansyah, M. Pd. selaku Wakil Dekan III FKIP. Acara ini dipandu oleh Hindra Prandana dan Ineke Irwina Duta FKIP 2016. Di akhir acara terpilih Wisma Saputra dan Tira Thania sebagai Duta FKIP 2017 dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Demikian seluruh rangkaian kegiatan Gebyar Pendidikan FKIP UNTIRTA yang berlangsung dari tanggal 2 Mei 2017 sampai dengan tanggal 6 Mei 2017. Rangkaian kegiatan tersebut tidak bisa terselenggara dengan baik tanpa kerja sama dan kerja keras para dosen dan mahasiswa di balik layar kegiatan.

Akhir kata, kami sebagai panitia memohon maaf sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan kegiatan terdapat beberapa kekurangan. Semoga setiap kegiatan yang telah terlaksana mampu memberikan kesadaran akan pentingnya revitalisasi dunia pendidikan sebagai upaya menjadikan perguruan tinggi menjadi institusi yang inovatif, kompetitif, dan secara nyata dapat berkontribusi pada pembangunan nasional sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi.

Special moment on Mei 2017. Redaktur : Rahmawati & Rikza Fauzan, lecturer of FKIP Untirta.
E-mail : semnasdik@untirta.ac.id; Website: www.semnasdik.untirta.ac.id

LEAVE A REPLY