STRUKTUR PIMPINAN

Untitled-1

Ketua Jurusan

Arip Senjaya, S.Pd., M.Phil

Untitled-1

Sekretaris Jurusan

Farid Ibnu Wahid, M.Pd.

Visi, Misi, danTujuan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
FKIP Untirta

Visi
Menjadi program studi yang maju, bermutu, berkarakter, berdaya saing dalam kebersamaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam percaturan nasional dan regional sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi kepribadian, pedagogi, profesional, dan sosial sebagai calon guru bahasa dan sastra Indonesia atau profesi tertentu (misal: jurnalis, editor, pengarang) yang berwawasan nasional dan regional.
  2. Menjembatani pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaantara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan melalui penelitian untuk mendapatkan temuan analitis dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam bentuk publikasi seminar hasil atau jurnal ilmiah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kepekaan sosial dan intelektual dan mendapatkan inspirasi untuk pengembangan lembaga dan lulusan yang berbasis pengalaman di lapangan masyarakat.

Tujuan

  1. Meningkatkan profesionalisme serta kompetensi dosen dan staf kependidikan guna menghasilkan pendidikan, pembelajaran, danpelayanan yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kompetensi dosen dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas prestasi dan partisipasi mahasiswa pada berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang relevan bagi pengembangan karakter dan kompetisinya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam strategi belajar mengajar dan manajerial dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan pembelajaran.
  5. Menghasilkan dan mengaplikasikan temuan riset dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  6. Menjalin komunikasi antara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan regional.
  7. Menciptakan suasana apresiatif terhadap kekayaan bahasa dan sastra Indonesia dengan cara mendatangkan para ahli dan praktisi yang menginspirasi pengembangan lembaga dan lulusan.


Dosen-dosen PBSI FKIP UntirtabersamaBapak Dr. Sumiyadi, M.Hum, di UPI dalam kegiatan Rapat Kerja Evaluasi Kurikulum, 27-29 Juni 2013.


Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Arip Senjaya, S.Pd., M.Phil. sedang memberikan materi Visi-Misi dan Profil Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di hadapan mahasiswa baru dalam kegiatan OPJH (Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan) 2016 di Saung Dekan Dr. H. Aceng Hasani, M. Pd. Jl. Raya Pandeglang, Karundang, Kota Serang, pada tanggal 3 September 2016.


Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Farid Ibnu Wahid, M.Pd. memperkenalkan dosen-dosen yang ada di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan mahasiswa baru dalam kegiatan OPJH (Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan) 2016 di Auditorium Gedung B Lantai 3 Untira Kampus A (4 September 2016).


Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memberikan sambutan dalam Penutupan Kongres V IMABSII (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia) di Gedung Sekertaris Daerah Provinsi Banten, KP3B padatanggal 13 Mei 2016.


HUT PBSI ke-34 di Teater Terbuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (21 April 2016). Acara ini dimeriahkan oleh lomba-lomba terkait kebahasaan dan kesusastraan dan donor darah.


Dr. Ade Husnul Mawadah, M.Hum. (dosen PBSI FKIP Untirta) dalam kegiatan Pelatihan Penelitian Sastra (Rangakaian Kegiatan HUT PBSI yang ke-34, di Gedung Serba Guna FKIP Ciwaru, 21 April 2017).


PBSI FKIP Untirta turut mendukung gerakan Imparsial yang menggagas menolak hukuman mati(29 Oktober 2016 di UditoriumUntirta). Dari kanan ke kir iAripSenjaya, M.Phil. (Ketua Jurusan PBSI FKIP Untirta), Agus Setiawan, SH (praktis ihukum),Totok Yuliyanto, SH (Persaudaraan Korban Napza Indonesia); Niccolo Attar (Peneliti Imparsial), Dr. Feri Faturohman (dosen FKH Untirta).


SemarakBulan Bahasa PBSI 12-29 Oktober 2015. Salah seorang peserta Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar sedang menunjukkan pemahamannya pada puisi yang sedang dibaca.


Dalam rangka meningkatkan martabat bahasa Indonesia dalam percaturan global, menguji bahasa nasional kita melalu ipenerjemahan sastr aJerman merupakan salah satu upaya yang telah lama digagas oleh Ramadhan KH, juga Agus R Sarjono dan Berthold Damshäuser (dari Bonn University). Beberapa kali Berthold Damshäuse rberkunjung ke PBSI FKIP Untirta untuk berbagi pengalaman selaku dosen bahasa Indonesia di Jerman sekaligus penerjemah dan penulis esai tentang keindonesiaan.

LEAVE A REPLY