Profil Program Studi Pendidikan IPA

A. STRUKTUR PIMPINAN

 

Ketua Jurusan

 Siti Romlah Noer H, S.Pd., M.Pd.

 

Sekretaris Jurusan

R. Ahmad Zaky El Islami, M.Pd.

 

B. Visi, Misi, Tujuan

Visi
Mewujudkan PS Pendidikan IPA sebagai penghasil calon tenaga pendidik dan kependidikan yang tercermin dalam implementasi tridharma PT bidang IPA yang maju, bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik dalam pendidikan IPA yang maju, bermutu, berkarakter dan berdaya saing.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan pendidikan IPA berbasis kearifan lokal.
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian dan pengetahuan terkini dalam bidang pendidikan IPA melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menjembatani pengembangan pendidikan IPA antara ilmuwan, stakeholder, dan praktisi pendidikan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan calon tenaga pendidik dan kependidikan yang maju, bermutu, berkarakter dan berdaya saing.
  2. Menghasilkan asisten penelitian dalam bidang pendidikan IPA berorientasi kearifan lokal.
  3. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang pendidikan IPA yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA.
  4. Meningkatkan kualitas prestasi dan partisipasi mahasiswa pada berbagai kompetisi ilmiah.
  5. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa dalam bidang pendidikan IPA melalui perkuliahan dan kegiatan ekstrakurikuler.
  6. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam pendidikan IPA pada stakeholder dan praktisi pendidikan.

 

C. Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan

  1. Pendidik professional di bidang pendidikan IPA.
  2. Pembantu Peneliti di bidang pendidikan IPA.
  3. Enterpreneur dan pengajar IPA pada lembaga pendidikan, Bimbingan Belajar dan biro les privat

 

Kompetensi Utama lulusan mahasiswa Pendidikan IPA

  1. Memahami konsep-konsep teoritis IPA dan mampu mengaplikasikannya pada proses pendidikan dan pengajaran.
  2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran IPA menggunakan model dan strategi inovatif yang berwawasan kearifan lokal dalam suasana akademik yang demokratis.
  3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media berbasis sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
  4. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, merancang dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam bidang IPA (problem solving).
  5. Memiliki kemampuan untuk merancang dan melakukan percobaan, serta menganalisis dan menginterpretasikan data.

Kompetensi pendukung lulusan mahasiswa Pendidikan IPA

  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif dan mandiri.
  2. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara aktif dan efektif.
  3. Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai-nilai kearifan lokal dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.
  4. Mampu melakukan penelitian dalam bidang pendidikan IPA serta menghasilkan publikasi ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat.
  5. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajerial secara komprehensif untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi atau lingkungan kerja.
  6. Mampu mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab pekerjaan pada bidang keahliannya.

 

D. Bagan Alur Mata Kuliah

E. Dokumentasi Kegiatan Jurusan Pendidikan IPA


Kunjungan Ke SMPN 2 Baros dalam rangka kerjasama sekolah binaan

Kunjungan ke Baduy dalam rangka pengambilan data literasi masyarakat Baduy


Kunjungan ke Baduy dalam rangka pengambilan data literasi masyarakat Baduy


Kegiatan Praktikum mahasiswa Pendidikan IPA pada matakuliah Listrik Magnet


Kegiatan pembinaan di MGMP IPA kabupaten Serang (21 September 2016)


Kegiatan Semiloka karya tulis ilmiah untuk dosen guru dan mahasiswa (26 Oktober 2016)


Potong Tumpeng dalam rangka Dies Natalis Jurusan Pendidikan IPA ke 2 (15 Oktober 2016)

LEAVE A REPLY