Seminar dan Workshop Radio Komunitas
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Tahun 2017

Bertempat dikampus UNTIRTA Ciwaru khususnya diruangan kelas CA1-04 pukul 13.00 siang, HIMAPETRO (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro) mengadakan suatu kegiatan seminar dan workshop mengenai radio komunitas dengan tema“ Ekspresikan Jiwamu Melalui Radio “, kegiatan ini dimotori oleh HIMAPETRO dengan pesertanya yaitu dari internal Pendidikan Teknik Elektro itu sendiri, mulai dari angkatan 2016 sampai dengan angkatan 2014.

Seminar dan workshop ini bertujuan membentuk SDM (Sumber Daya Manusia) dari jurusan Pendidikan Teknik Elektro untuk bisa menjalankan, menggunakan, dan mengaplikasikan suatu radio komunitas, mulai dari penggunaan alat, format siaran, hingga bagaimana cara menyiarkan radio dengan baik dan benar, Dan juga sebagai bekal kedepannya untuk mendirikan suatu radio komunitas. Seminar dan workshop ini diisi oleh pemateri yang berasal dari ORARI Daerah Banten, beliau bernama Rana Putra selaku sekretaris ORARI dan Aziz Ardani. Kegiatan seminar dimulai pukul 13.00 sampai dengan 15.30 bertempat dikelas CA1-04, diisi oleh pemateri yaitu Pak Rana dari ORARI Daerah Banten selaku sekretaris ORARI Daerah. Diseminar tersebut beliau menjelaskan secara garis besar, umum, dan tidak terkhusus, apa itu radio komunitas, tujuan penyiaran, target penyiaran, bagaimana perizinannya, jangkauan sinyal atau frekuensi, alat dan bahan penunjang radio, bahkan mengenai ORARI itu sendiri. Rana sangat ahli dan berpengalaman dalam bidangnya yaitu radio, hal tersebut bisa dibuktikan karena beliau mulai berkecimpung di bidang radio mulai dari tahun 1995 hingga sekarang. Beliau sangat berharap banyak kepada mahasiswa untuk bisa melestarikan radio, karena melihat perkembangan di zaman ini radio mulai hilang tergerus perkembangan zaman, dikarenakan media – media komunikasi lainnya. Melalui radio komunitas ini beliau mengharapkan radio masih eksis atau familiar di zaman ini untuk semua kalangan masyarakat.

Selanjutnya setelah seminar dilanjutkan dengan workshop dimulai pukul 16.00 hingga 17.30 bertempat masih sama dengan seminar, workshop ini diisi oleh Bang Aziz Ardani dari beliau selaku pengisi atau penyiar di sebuah radio komersil Diworkshop tersebut beliau menjelaskan bagaimana cara menyiarkan, menjelaskan apa saja yang ada disuatu radio seperti scripwriter, manager dan audio editor, agar menjadi sebuah kesatuan radio yang baik dan benar. Meskipun beliau masih muda namun cukup berpengalaman dibidang penyiaran radio. Saat workshop berlangsung sistematikanya peserta dijadikan beberapa kelompok untuk mencoba mempraktikan atau mensimulasikan menjadi scripwriter, manager dan audio editor.

Tepat pukul 17.45 sore rangkaian kegiatan seminar dan workshop radio komunitas ditutup. Semoga diadakannya kegiatan ini mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro mendapat bekal dan menambah wawasan mereka mengenai radio komunitas, yang nantinya apabila sudah terbentuk mereka mampu menggunakan, menjalankan, dan mengaplikasikan radio komunitas tersebut.

LEAVE A REPLY